9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly di Website atau Blog

Bagaimana cara membuat artikel SEO friendly? Baik blog perusahaan maupun blog pribadi selalu memerlukan untuk mengunggah artikel secara rutin. Untuk artikel yang diunggah pun tidak boleh sembarangan karena harus berkualitas serta sesuai dengan kaidah SEO. Dengan begitu, artikel tersebut akan mendapatkan hasil yang bagus pada mesin pencarian. Dengan kata lain, seseorang yang menjadi penulis artikel tersebut harus memahami bagaimana cara menulis artikel yg SEO friendly.

Sebenarnya ada beberapa plugin untuk membantu dalam mengelola SEO pada blog. Akan tetapi, memanfaatkan plugin SEO masih belum cukup. Perlu adanya pemahaman tentang cara penulisan artikel yang benar. Ini bertujuan mempermudah artikel tersebut berada di posisi atau halaman pertama di pencarian Google.

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO Friendly?

cara membuat artikel SEO friendly

Terdapat beberapa cara membuat artikel SEO friendly yang bisa Anda terapkan. Silakan simak penjelasan di bawah ini:

1. Gunakan Kata Kunci yang Banyak Dicari Audiens

Sebelum Anda menulis artikel, Anda harus menemukan kira-kira apa kata kunci yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan audiens atau target Anda. Di sini Anda harus memahami siapa audiens atau target pembaca. Kemudian baru menentukan keyword yang tepat. Misalnya Anda memiliki target pembaca berkaitan dengan kesehatan, maka tentu keyword yang akan Anda cari adalah tentang kesehatan dan bukan tentang hal lainnya.

2. Pastikan Artikel Sesuai dengan Apa yang Dicari Audiens

Saat ini Google sudah bisa mengetahui apakah audiens puas dengan pencarian atau artikel yang mereka baca dengan menggunakan beberapa indikator. Salah satu indikatornya adalah seberapa lama audiens tersebut mengunjungi blog maupun membaca artikel pada blog tersebut. Semakin lama waktu audiens mengunjungi dan membaca artikel, semakin bagus pula reputasi blog yang Anda miliki.

Jadi, Anda perlu memastikan bahwa artikel yang Anda tulis sesuai dengan kebutuhan para audiens. Dengan begitu, mereka bisa mengunjungi blog dan membaca artikel Anda. Tidak menutup  kemungkinan para audiens tersebut juga akan membaca artikel lain di blog Anda sehingga membuatnya semakin lama mengunjungi blog Anda tersebut.

3. Gunakan Focus Keyword Secukupnya

Focus keyword memang sangat Anda perlukan untuk memperoleh rangking tertinggi di pencarian Google. Akan tetapi, bukan berarti Anda meletakkan atau menggunakan fokus kata kunci tersebut sebanyak-banyaknya. Penggunaan focous keyword yang berlebihan malah bisa menurunkan kualitas dan peringkat artikel Anda. Jadi, tulislah artikel dengan tulisan yang mengalir dan jangan terkesan kaku hanya karena Anda ingin memasukkan focus keyword.

4. Manfaatkan Internal dan Eksternal Link

Internal link maupun eksternal link juga sangat bermanfaat untuk membuat artikel Anda SEO friendly. Ini berkaitan juga dengan cara optimasi website agar berkualitas. Fungsi penempatan link adalah untuk memberi audiens mengenai penjelasan lebih lanjut topik dari sebuah artikel. Link internal merupakan link yang mengarah pada artikel di dalam blog. Sementara link eksternal merupakan link yang mengarah ke blog lain untuk landasan terkait pernyataan atau isi artikel Anda.

5. Perhatikan Beberapa Bagian Penting Blog

Hal lain yang tidak kalah penting adalah Anda harus memperhatikan beberapa bagian penting dalam blog. Beberapa bagian penting tersebut seperti judul, URL, heading, dan lain-lain. Untuk judul pastikan menarik dan tidak terlalu panjang. Sementara URL biasanya berisi fokus keyword. Kemudian pada heading juga harus terdapat focus keyword. Jangan lupa untuk memperhatikan sub-heading.

6. Lakukan Optimasi Gambar

Jangan lupa untuk menguopload gambar yang sesuai keyword artikel. Pada alt text gambar Anda juga harus memuat focous keyword. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran gambar agar proses loading menjadi lebih cepat.

7. Panjang Artikel Harus Optimal

Jangan sampai membuat artikel terlalu pendek maupun terlalu panjang. Umumnya, jumlah kata dalam sebuah blog sekitar 1.142 kata sesuai penjelasan dari Orbit Media Study. Namun untuk panjang artikel ini memang berbeda-beda tergantung topik atau tujuan penulis.

8. Perhatikan Struktur Artikel

Sebuah artikel yang baik adalah yang memiliki kejelasan terkait strkturnya. Maksudnya, artikel yang ada pada blog tersebut harus memiliki pembukaan isi dan penutup. Ketiga bagian inilah yang harus mendapat perhatian. Jangan hanya mengejar jumlah kata atau fokus kata kunci sementara melupakan struktur artikelnya.

9. Promosikan Artikel

Cara membuat artikel SEO friendly yang terakhir adalah dengan mempromosikan artikel Anda tersebut. Tujuannya agar mendapatkan jangkauan audiens yang lebih banyak dan luas. Untuk itu Anda perlu memanfaatkan berbagai media sosial untuk mempromosikan artikel Anda. Ini bermanfaat untuk meningkatkan trafik dan memperbaiki posisi artikel tersebut di mesin pencari.

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar