Cara Jitu Promosi menggunakan Google Adwords

Google Adwords merupakan salah satu fitur Google yang berguna untuk menayangkan iklan berbayar pada hasil pencarian. Sejak tahun 2018, Google resmi mengubah nama Google Adwords menjadi Google Ads. Walaupun diubah nama, tetapi cara penggunaannya kurang lebih hampir sama. Walaupun prosesnya akan sedikit berbeda dengan platform yang lama. Namun, fungsinya tetap saya yaitu untuk melakukan promosi.

Google Awards sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menayangkan iklan dengan kata kunci tertentu dan relevan dengan bisnis yang Anda miliki. Selain itu, biaya yang dibebankan kepada pengguna juga tidak terlalu berat.

Agar tidak banyak basa-basi, berikut ini kami jabarkan cara jitu promosi menggunakan Google Awards yang bisa Anda ikuti.

Cara Promosi Bisnis dengan Google Adwords

1.     Membuka Google Ads

Langkah pertama yaitu membuka Google Ads atau Adwords di website resminya.

2.     Membuat atau Memasukkan Akun Google

Anda juga bisa membuat akun Google baru jika tidak ingin menerima  banyak notifikasi dari Google Ads nantinya. Jika sudah memiliki akun Google yang siap digunakan, masukkan ke dalam Google Ads.

3.     Memilih Goal

Langkah ketiga adalah memilih goal atau sasaran utama untuk iklan Anda. Terdapat tiga jenis goal yang bisa Anda pilih. Anda hanya perlu memilih salah satu goal yang paling relevan dengan bisnis Anda.

Jika Anda memiliki bisnis yang sering menggunakan komunikasi dan transaksi dengan telepon, maka pilihlah goal yang pertama. Apabila bisnis Anda dominan menggunakan website, goal yang kedua lebih cocok untuk digunakan. Sedangkan jika Anda menjalankan bisnis dan memiliki toko fisik, pilihlah goal ketiga agar memudahkan pelanggan mengunjungi toko Anda.

4.     Memasukkan Nama Bisnis

Pada poin ini Anda harus memasukkan nama bisnis. Gunanya adalah untuk membantu memperlihatkan iklan Anda ketika orang-orang mencari bisnis dengan berdasarkan nama Anda. Saran kami, gunakan nama bisnis yang formal dan mudah ditemukan.

5.     Memasukkan Situs

Langkah ini akan bertujuan untuk memudahkan orang-orang untuk langsung menuju situs website ketika mengeklik iklan Anda. Ada dua pilihan dalam memasukkan URL situs, yaitu URL menuju halaman beranda dan URL menuju halaman yang lebih spesifik.

Setelah selesai meng­-copy link URL situs Anda, maka akan muncul pemberitahuan seperti di bawah ini:

6.     Menulis Iklan

Langkah keenam adalah memasukkan Copy Iklan. Langkah ini tentunya tidak boleh sembarangan Anda tulis, karena memiliki aturan tertentu. Anda diberikan batasan jumlah karakter yang bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Copy Iklan terdiri dari Judul 1, judul 2, judul 3, deskripsi 1, deskripsi 2, serta nomor telepon untuk iklan Anda.

7.     Menambahkan Kata Kunci

Anda bisa menambahkan kata kunci yang mungkin cocok antara iklan Anda dengan penulusuran Google. Anda bisa menambahkan kata kunci baru atau menggunakan kata  kunci yang telah direkomendasikan.

8.     Memilih Jangkauan Lokasi

 Ada dua  pilihan jangkauan lokasi yang bisa anda pilih, yaitu iklan di dekat alamat tertentu dan iklan di kode pos atau wilayah tertentu. Pilihlah jangkauan lokasi yang ingin dan targetkan. Anda juga bebas untuk mempersempit jangkauan lokasi yang anda inginkan.

9.     Menetapkan Anggaran

 Pada langkah ke sembilan, Anda baru bisa menetapkan anggaran iklan yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Ada dua pilihan durasi yang bisa Anda pilih, yakni menjalankan terus-menerus atau hanya pilih tanggal akhir saja. Kemudian Anda juga akan mendapatkan kemudahan dengan tiga keuntungan yang tertera di bagian kanan atas menu.

10.  Meninjau Kembali Kampanye Iklan

Setelah memasukkan anggaran, maka proses pembuatan promosi iklan hampir selesai. Langkah selanjutnya Anda harus meninjau ulang semua kampanye iklan yang telah Anda  masukkan di halaman-halaman sebelumnya. Pastikan semua telah sesuai dengan yang anda inginkan.

11.  Melakukan Pembayaran

Langkah ke sebelas atau langkah terakhir, Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi pembayaran untuk iklan dan anggaran yang dipilih. Isilah semua poin dengan tepat kemudian lakukan pembayaran sesuai nominal yang dimasukkan. Setelah pembayaran selesai, maka iklan Anda akan mulai berjalan.

Itulah cara jitu promosi menggunakan Google Adwords. Sangat mudah dan cepat, bukan? Silakan ikuti langkah di atas jika Anda tertarik untuk menampilkan iklan pada bisnis Anda. Selamat mencoba.

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar