Cara Kerja Bisnis Online yang Harus Pemula Kuasai

Cara kerja bisnis online memang sangat menarik untuk Anda pahami. Sebab seperti yang Anda tahu, salah satu bisnis yang sangat menarik untuk Anda coba saat ini adalah bisnis online. Salah satu alasan mengapa bisnis ini menarik adalah kemudahan dalam proses operasionalnya. Apalagi bisnis semacam ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi yang menjalankannya dan cenderung lebih mudah dari pada bisnis offline.

Beberapa kemudahan dari menjalankan bisnis online adalah biaya operasional yang cenderung lebih efisien, modal yang lebih sedikit karena tidak perlu menyiapkan lokasi usaha, dan lebih mudah untuk Anda lakukan. Tidak hanya itu, bisnis online juga cenderung lebih mudah dalam menjangkau konsumen seluas mungkin, biaya untuk promosi lebih murah, dan tidak terikat waktu. Keuntungan inilah yang membuat bisnis online sangat menarik untuk Anda coba. Lalu, bagaimana cara kerja dari bisnis ini? Berikut ulasan selengkapnya.

7 Cara Kerja Bisnis Online yang Harus Pemula Kuasai

Bisnis online pada dasarnya adalah suatu bisnis yang segala kegiatan operasionalnya memanfaatkan media internet. Internet akan memegang peranan yang sangat besar agar pelaku bisnis ini mendapatkan banyak konsumen. Cara kerja bisnis online juga terbilang mudah. Setidaknya ada 7 poin yang harus Anda pahami dalam cara kerja bisnis ini. Apa saja? Inilah ulasannya:

1. Melakukan Riset Pasar

cara kerja bisnis online
(sumber gambar: facebook.com)

Langkah kerja dari bisnis online yang pertama adalah melakukan riset pasar. Kegiatan riset atau observasi ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan ide bisnis online apa yang akan Anda jalankan. Hasil dari riset yang berupa data-data akan menjadi bahan evaluasi objektif yang bermanfaat untuk melihat kira-kira Anda akan menjalankan bisnis online apa yang memang ramai peminatnya.

Untuk tahapan riset ini, Anda bisa melakukan pengamatan terhadap beberapa hal. Mulai dari apa yang menjadi masalah masyarakat, solusi apa yang bisa Anda hadirkan, riset kompetitor, dan lain sebagainya. Poin selengkapnya adalah sebagai berikut:

a. Mencari Tahu Masalah atau Kebutuhan Masyarakat

Riset pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang menjadi permasalahan masyarakat. Bisnis yang baik adalah yang bisa memberikan solusi pemecahan masalah untuk konsumennya dan menyediakan apa yang konsumen butuhkan. Nah, inilah yang akan Anda lakukan dengan riset ini. Cari tahu kira-kira apa sih yang sedang masyarakat cari atau butuhkan.

Seperti misalnya Anda memiliki ide ingin menjual produk alat kesehatan, namun masih bingung alat kesehatan seperti apa yang akan Anda jual. Setelah riset melalui berbagai media seperti contohnya media sosial, Anda menemukan permasalahannya. Ternyata masyarakat saat ini paling membutuhkan alat kesehatan berupa masker dan juga peralatan kebersihan seperti hand sanitizer. Nah, dari sinilah Anda bisa memberikan solusi dari masalah tersebut.

b. Memberikan Solusi dan Pemecahan Masalah

Setelah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, selanjutnya Anda harus memberikan atau menciptakan solusi. Misalnya seperti yang sudah kami contohkan, ternyata masyarakat membutuhkan produk alat kesehatan berupa masker dan juga kebersihan tubuh. Nah, Anda bisa menawarkan solusi untuk menjual produk fisik berupa berbagai jenis masker dan hand sanitizer.

c. Riset Pesaing

Setelah Anda tau ingin menjalankan bisnis apa, maka selanjutnya adalah melihat kompetitor atau pesaing. Lihatlah seberapa banyak pihak yang sudah memiliki bisnis sejenis dan analisis kelebihan dan kekurangan mereka. Dari data inilah Anda bisa menciptakan bisnis yang bagus dan bisa berpotensi memenangkan persaingan.

2. Menentukan Model Bisnis

Cara kerja bisnis online selanjutnya adalah menentukan model bisnis. Katakanlah Anda memulai bisnis online berupa menjual produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Lalu tentukan seperti apa bisnis ini akan Anda jalankan.

Misalnya apakah Anda akan membuka sistem pre-order, memasukkan produk-produk ke marketplace, dan lain sebagainya. Dari sinilah Anda bisa merumuskan bisnis online dengan lebih rinci dan tertata. Baru setelah itu langkah persiapan bisnis online bisa Anda lanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Menentukan Target Pasar

Selanjutnya adalah menentukan target pasar. Target pasar ini maksudnya adalah siapa yang akan menjadi konsumen dalam bisnis Anda. Setiap bisnis dan produk pasti akan memiliki target pasarnya masing-masing. Misalnya target pasar sesuai dengan tingkat kemampuan beli atau daya belinya. Apakah untuk kalangan high class, middle class, atau low class.

Penentuan target pasar ini terbilang penting sebagai dasar dan acuan untuk menentukan strategi marketing yang nantinya akan Anda pakai. Sebab tanpa strategi yang sesuai, mustahil konsumen bisa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Anda bisa menentukan target pasar ini dalam berbagai klasifikasi. Seperti contohnya berdasarkan rentang umur, daya beli, psikografi, tingkat pendapatan dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Cara Mengelola Website Bagi Pemula untuk Traffic Maksimal

4. Buat Website

cara kerja bisnis online
(sumber gambar: oberlo.com)

Cara kerja bisnis online selanjutnya adalah membuat website. Karena berpedoman pada cara kerja online, maka website akan memiliki peranan penting dalam bisnis online ini. Dengan website, Anda ibaratnya akan memiliki sebuah “toko” yang bisa jadi tempat membeli dan melihat produk untuk pelanggan.

Memang Anda bisa hanya memanfaatkan berbagai marketplace online yang sudah ada. Seperti misalnya Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Akan tetapi kehadiran website tetap akan sangat Anda butuhkan untuk konsumen. Baik itu untuk promosi, menciptakan citra positif, sebagai tempat hasil testimoni, dan lain sebagainya.

Apalagi seperti survey dari Verisign, mayoritas konsumen bisnis online (56%), cenderung kurang percaya pada bisnis yang tidak memiliki website. Untuk itulah bangun website Anda sendiri sebagai media “toko” bagi konsumen. Anda bisa mengisi website dengan berbagai informasi produk dan keunggulan produk yang Anda tawarkan.

5. Menyusun Strategi Promosi yang Tepat

Cara kerja bisnis online selanjutnya adalah promosi yang tepat. Dalam bisnis online, ada beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan untuk media promosi yang efektif. Mulai dari Google Bisnisku, Optimasi Search Engine Optimization atau SEO, dan memaksimalkan promosi di media sosial.

Semua media ini bisa Anda pilih sesuai preferensi dan kebutuhan masing-masing. Jika membutuhkan jangkauan di media sosial yang luas, maka Anda bisa menggunakan medsos seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Sementara jika ingin website bisnis online Anda bisa konsumen cari dengan mudah, maka optimasi SEO dan Google Bisnisku bisa jadi pilihan tepat.

6. Mempertahankan Konsumen

Ketika promosi bisnis online sudah berjalan lancar, maka Anda juga harus senantiasa mempertahankan konsumen. Maksudnya, Anda mungkin bisa dengan mudah mendapatkan konsumen baru, namun konsumen lama juga tetap berperan penting untuk usaha Anda. Maka dari itulah pastikan untuk tetap keep in touch dengan mereka.

Hasilnya nanti, konsumen lama ini bisa menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan juga bisa stabil dan bahkan meningkat. Anda juga bisa mendapatkan testimoni yang bagus dan kuat dari konsumen lama untuk menggaet konsumen baru. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk terus keep in touch dengan konsumen lama dan mempertahankan kepuasan mereka adalah:

  • Membuat layanan customer service yang cekatan dan responsif
  • Program loyalty card
  • Email marketing

7. Evaluasi Berkala

Cara kerja bisnis online yang terakhir adalah evaluasi secara berkala. Pada dunia digital, evaluasi akan menjadi hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan secara berkala. Sebab, akan ada dinamika yang cukup cepat terhadap jalannya bisnis online. Kegiatan evaluasi ini bisa Anda mulai dari penilaian seberapa efektif strategi promosi Anda, seberapa baik kinerja website Anda dan lain sebagainya.

Dari sinilah Anda bisa memantau sektor mana yang harus Anda perbaiki dan sektor mana yang harus Anda pertahankan dan tingkatkan. Jangan sampai Anda tidak melakukan evaluasi karena hal itu akan membuat Anda cepat puas dan tidak bisa mengarahkan pada pengembangan bisnis online yang maju.

Nah, itulah berbagai cara kerja bisnis online yang bisa Anda kuasai sebagai pemula. Menjalankan bisnis online memang terbilang lebih mudah dan hemat dari segi biaya daripada offline. Akan tetapi bukan berarti Anda bisa menjalankan bisnis ini secara sembarangan. Anda tetap membutuhkan cara kerja yang tertata, rapi, dan juga matang agar bisnis online yang Anda miliki berjalan lancar. Semoga informasi ini bisa membantu Anda ya!

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar