Cara Membuat Meta Description yang Baik Agar SEO Efektif

Bagi para pemilik website, meta description tentu bukanlah istilah yang asing. Pasalnya, meta desc adalah salah satu poin penting yang bisa membuat SEO website yang Anda terapkan menjadi lebih efektif. Sebenarnya, apa sih meta description itu? Dan bagaimana cara membuat meta description yang baik supaya traffic website meningkat? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Mengenal Meta Description

cara membuat meta description yang baik
(sumber gambar: jakaweb.id)

Pada dasarnya, meta desc adalah sebuah deskripsi singkat dan ringkat yang menjelaskan tentang sebuah konten. Nantinya, meta ini akan muncul pada bagian halaman hasil pencarian. Lokasi dari meta desc ini adalah di bawah judul konten. Dalam bentuk aslinya, meta ini berbentuk kode HTML yang berupa:

<head>
<meta name="description" content="Isi meta description.">
</head>

Namun ketika sudah masuk ke halaman post, meta akan berbentuk seperti kata-kata singkat biasa. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bisa Anda buat dengan cepat. Lalu apa sebenarnya fungsi dari meta desc ini? Mengapa sebuah konten website perlu memiliki meta desc?

Meski terlihat sepele dan hanya berupa kalimat sederhana, namun meta desc memegang peran yang besar untuk sebuah konten. Bahkan SEO yang Anda terapkan juga akan menjadi lebih efektif apabila memiliki meta description. Adanya meta ini juga termasuk dalam on page SEO.

Baca Juga: Cara Agar Web Cepat Terindex Google, 100% Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Meta Description yang Baik

cara membuat meta description yang baik
(sumber gambar: jakaweb.id)

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, membuat meta desc bukanlah hal yang sulit. Anda bahkan bisa membuatnya dalam waktuu yang relatif singkat, karena memang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Meski mudah, dalam pembuatannya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Meta desc harus Anda buat dengan baik dan benar supaya bisa memberikan pengaruh terhadap efektivitas SEO. Inilah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan agar bisa membuat meta description yang baik:

1. Jangan Lebih dari 155 Karakter

Karena memang merupakan sebuah deskripsi singkat, maka dalam pembuatannya Anda juga harus membatasi jumlah karakter meta. Meta desc yang baik tidak memiliki jumlah lebih dari 155 karakter. Setidaknya jumlah karakter yang ideal untuk Anda pakai adalah 145 – 155 karakter saja, tidak lebih. Apa akibatnya jika lebih dari 155 karakter?

Apabila Anda membuat meta desc lebih dari 155 karakter, maka tidak semua tulisan akan tercantum pada hasil pencarian. Akan ada bagian yang terpotong karena memang jumlah maksimal dari mesin pencari adalah sebanyak 155 karakter.

Tentunya kalimat yang terpotong ini bisa mengurangi kenyamanan pengunjung website ketika membacanya. Tidak hanya itu, lebihnya karakter ini juga bisa mengurangi efektivitas dari SEO yang Anda terapkan. Meski begitu, perlu Anda ketahui juga bahwa Google bisa saja malah mengambil beberapa kalimat dari konten yang Anda tulis.

Jadi meta desc yang Anda buat bisa saja tidak muncul. Akan tetapi, akan jauh lebih baik apabila Anda sudah membuatnya dengan ideal sehingga ketika muncul, jumlah tersebut sudah ideal dan bagus untuk SEO.

2. Pakai Bahasa yang Menarik

Cara membuat meta description yang baik selanjutnya adalah menggunakan bahasa yang menarik. Salah satu tujuan adanya meta desc adalah membuat pencari informasi menjadi tertarik untuk membaca konten yang ada pada website Anda. Tentunya jika bahasa yang Anda gunakan menarik, kesempatan pengunjung ke website Anda juga akan menjadi lebih besar bukan?

Sebaliknya, hindari penggunaan bahasa yang berbelit-belit dan tidak menggambarkan isi konten. Ingat, meta desc adalah sebuah deskripsi singkat dan ringkas yang bisa menggambarkan isi dari konten yang Anda buat. Jadi pastikan ketika membuat meta ini, isi dari konten juga bisa tersampaikan dengan efektif.

3. Gunakan Kalimat Aktif

Selain harus memakai tata bahasa yang baik, usahakan pula untuk membuat meta yang menggunakan kalimat aktif. Tujuan penggunaan kalimat aktif adalah agar meta yang Anda buat bisa lebih singkat dan bisa lebih mudah untuk pengunjung mengerti. Karena seperti yang kita tahu, kalimat aktif tentu akan lebih efektif dan singkat daripada kalimat pasif.

Contoh dari penggunaan kalimat aktif adalah seperti ini:

Apa manfaat dari olahraga pagi untuk kesehatan? Salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan jantung

Kemudian bandingkan dengan meta yang menggunakan kalimat pasif seperti ini:

“Olahraga pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh misalnya saja untuk kesehatan jantung dan pernafasan. Inilah berbagai manfaat olahraga pagi yang penting Anda ketahui”

Coba bandingkan antara kalimat meta desc pertama dan kedua. Tentunya, kalimat yang pertama akan lebih mudah untuk Anda baca dan pahami bukan? Selain itu informasi juga lebih efektif jika menggunakan contoh pertama yang menggunakan kalimat aktif.

4. Harus Mengandung Keyword, Namun Jangan Spam

Cara membuat meta description yang baik selanjutnya adalah harus memiliki keyword di dalamnya. Sebab, keyword inilah yang akan berperan penting agar konten Anda lebih relevan di mesin pencarian. Nantinya, keyword akan muncul dalam hasil pencarian dengan font yang tercetak tebal atau bold.

Meski berperan penting, namun Anda juga harus memperhatikan jumlah keyword yang Anda masukkan. Jangan sampai Anda malah melakukan spam keyword atau keyword stuffing yang justru bisa merusak esensi dari meta description. Idealnya, 1 atau 2 pengulangan keyword sudah sangat cukup untuk meta desc yang baik.

5. Masukkan Kalimat Call to Action atau CTA

Kalimat call to action atau CTA adalah kalimat yang berfungsi untuk mengajak pengunjung agar melakukan suatu tindakan. Dalam hal ini, tindakan yang Anda harapkan adalah agar pengunjung membuka konten yang ada di website Anda. Karena peran penting itulah Anda bisa memasukkan CTA ini supaya meta desc yang Anda buat menjadi lebih efektif.

Beberapa contoh kalimat CTA adalah “Yuk, baca artikelnya berikut ini!” , “Yuk, cek artikel ini!”, “Klik artikel berikut ini!” dan lain sebagainya. Dengan adanya CTA, tujuan meta desc yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung bisa tercapai dengan lebih optimal.

6. Tambahkan Fitur Produk

Cara membuat meta description yang baik selanjutnya adalah menambahkan fitur atau manfaat dari produk. Adanya informasi ini, bisa menambahkan nilai promosi dari konten yang Anda buat agar pembaca bisa mengetahui apa saja fitur dari produk yang Anda tawarkan.

Misalnya Anda sedang menulis sebuah konten mengenai seri terbaru dari Apple Watch Series 5. Dalam meta desc yang Anda buat, usahakan untuk memberikan salah satu fitur unggulan dari Appel Watch tersebut. Fitur tersebut misalnya fitur Always On Rentina Display.

Dengan memasukkan informasi ini, maka pembaca bisa tahu bahwa salah satu fitur yang akan mereka dapatkan ketika membeli Apple Watch Series 5, adalah fitur rentina display. Jadi Anda bisa semakin meyakinkan pengunjung jika memang konten yang Anda tulis adalah yang mereka cari karena sudah ada informasi yang mereka butuhkan, yaitu tentang fitur atau keunggulan produk.

6. Bisa Juga Menerapkan Local SEO

Untuk cara membuat meta description yang baik terakhir ini akan sangat cocok bagi Anda yang menargetkan konten untuk suatu wilayah tertentu. Jadi, dengan strategi ini Anda harus menyisipkan atau memasukkan nama wilayah secara spesifik ke dalam meta deskripsi yang Anda buat. Alhasil para pencari informasi yang berasal dari wilayah tersebut bisa semakin mudah menemukan konten Anda.

Misalnya ketika Anda menuliskan meta desc untuk konten artikel tentang rental mobil di Surabaya. Maka dalam meta, cantumkan Kota Surabaya di dalamnya. Hal ini akan membuat para pencari informasi yang sedang mencari rental mobil di Kota Surabaya semakin mudah dan tertarik untuk membaca konten Anda.

Setelah menerapkan berbagai cara diatas, maka selanjutnya Anda bisa langsung praktek untuk membuat meta desc di website Anda sendiri. Untuk dapat membuat meta ini, Anda bisa memanfaatkan plugin dari Yoast SEO agar kolom meta desc bisa muncul. Setelah itu, Anda tinggal mengisinya dan pastikan SEO sudah berwarna hijau. Cukup mudah bukan?

Itulah berbagai cara membuat meta description yang baik dan bisa Anda praktekkan dengan mudah. Bersama dengan cara ini, semoga Anda bisa menyusun meta yang baik agar SEO yang Anda terapkan lebih efektif. Dengan begitu, jumlah traffic website Anda bisa semakin meningkat!

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar