8 Cara Mengelola Website Bagi Pemula untuk Traffic Maksimal

Pada masa sekarang, website memang memiliki manfaat yang sangat besar untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari tempat mencari informasi atau sharing, membuat portofolio, profil usaha, sampai sebagai sarana promosi yang efektif. Karena perannya yang sangat besar itulah, pengelolaan website harus Anda perhatikan sebaik mungkin. Sebab tanpa pengelolaan yang baik, sebuah website tidak akan nyaman bagi pengunjungnya. Lalu, seperti apa sih cara mengelola website bagi pemula itu? Yuk, simak informasinya berikut ini!

8 Cara Mengelola Website untuk Pemula

Bagi para pemula yang baru memiliki website, inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk pengelolaan website yang baik:

1. Content is Everything!

cara mengelola website untuk pemula
(sumber gambar: pedalo.co.uk)

Bagi sebuah website, konten yang adapada website tersebut adalah segalanya. Pasalnya, konten inilah yang akan membuat pengunjung akan mengunjungi website Anda untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Untuk itu dalam pembuatan konten website juga tidak bisa Anda lakukan sembarangan.

Buatlah konten yang memuat informasi yang bermanfaat dan relevan dengan arah website Anda. Misalnya seperti website Jakaweb.id yang menawarkan layanan seputar digital marketing. Agar lebih relevan dan bisa memberikan manfaat bagi para pengunjung, di Jakaweb juga tersedia menu blog yang memuat berbagai informasi terkait dunia digital marketing dan website. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya bisa mendapatkan layanan seputar digital marketing saja, melainkan juga menambah informasi mereka. Website yang Anda miliki pun akan memiliki nilai plus yang baik.

2. Update Konten Secara Berkala

Cara mengelola website bagi pemula selanjutnya adalah dengan melakukan update konten website secara berkala. Wujud dari kegiatan ini bisa berupa menambah jumlah artikel-artikel baru, ataupun memperbarui informasi yang ada di artikel yang sudah terbit. Meski terdengar sepele, nyatanya banyak pemula yang akhirnya tidak bisa mendatangkan traffic pada website mereka karena kurangnya konsistensi untuk upload artikel terbaru.

Maka dari itu, untuk mempermudah pembaruan ini Anda juga bisa membuat jadwal yang teratur. Misalnya update artikel setiap 3 hari sekali atau 1 minggu sekali secara rutin. Adanya jadwal ini bisa membantu konsistensi Anda dalam mengelola website.

Selain itu, website yang rutin melakukan update konten ini akan menjadi selalu relevan dengan kebutuhan pembaca. Hasilnya tentu traffic atau jumlah pengunjung website menjadi tinggi atau paling tidak stabil.

3. Kualitas Konten Harus Nomor 1

Selain konsistensi, hal lain yang juga harus Anda perhatikan dan terapkan dengan baik adalah kualitas konten. Percuma jika website Anda memiliki banyak konten namun kualitasnya buruk. Hal ini berlaku juga apabila kualitas konten atau artikel sudah baik namun jumlahnya terlalu sedikit. Kedua hal ini memang harus beriringan.

Jumlah artikel yang banyak, juga harus seiring dengan kualitasnya. Sebab, kualitas artikel lah yang akan memegang peranan penting membuat pengunjung betah di website Anda. Jangan asal-asalan dalam menulis artikel dan pastikan informasi yang ingin Anda sampaikan bisa tampil dengan baik. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan jasa penulisan artikel yang profesional agar kualitas konten terjaga.

4. Terapkan SEO untuk Menunjang Website

Cara mengelola website bagi pemula yang satu ini terbilang sangat penting dan menjadi salah satu kunci website yang traffic-nya tinggi. Pemula harus mempelajari tentang SEO agar bisa membantu menaikkan traffic website. SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization. Artinya adalah suatu rangkaian upaya untuk mengoptimalkan website agar memiliki peringkat teratas dalam pencarian search engine seperti Google.

Mengapa peringkat ini menjadi sangat penting? Sebab, website yang berada pada peringkat teratas, akan lebih mungkin mendapatkan traffic yang tinggi. Hasil akhirnya tentu berdampak pada tujuan pembuatan website tersebut yang menjadi tercapai. Misalnya adalah membuat website untuk tujuan promosi produk, maka dengan traffic yang tinggi penjualan produk juga bisa menjadi tinggi.

Selain itu, beberapa manfaat lain adanya SEO untuk sebuah website adalah:

  • Bermanfaat untuk menjaring target audiens yang sesuai dan tepat
  • Memudahkan pengunjung menemukan website Anda
  • Membantu membangun brand awareness sebuah produk ke khalayak umum
  • Bisa bepengaruh baik untuk konversi dan juga penjualan

Dengan berbagai manfaat itulah sebaiknya Anda menerapkan SEO pada website yang Anda miliki.Untuk implementasinya sendiri Anda bisa menerapkan SEO On page atau Off Page atau malah keduanya di website Anda. SEO On Page lebih berfokus pada isi dan kualitas konten untuk menunjang website. Sementara SEO Off Page lebih berfokus pada bagaimana membantu search engine melihat relevansi website Anda.

Penerapan SEO On Page, bisa Anda lakukan dengan cara pembuatan judul konten, struktur konten, sebaran konten, elemen SEO (meta desc, tag, dan lain sebagainya), gambar konten, dan sebaran keyword. Selain itu adanya permalink, internal link, dan kualitas konten juga berpengaruh pada SEO On Page ini. Sementara itu, untuk SEO Off Page, bisa Anda terapkan melalui cara peningkatan Domain Authority (DA), link building, peningkatan page authority (PA), promosi dan juga guest blog.

Tidak hanya itu, pengoptimalan website juga harus Anda lakukan dengan technical SEO. Hal ini meliputi resposivitas website, navigasi, kecepatan website, XML Sitemap, keamanan situs, dan juga layout website. Dengan kombinasi SEO yang optimal, maka mendatangkan traffic bukan lagi menjadi masalah bagi Anda.

Baca Juga: Cara Optimasi Seo OnPage dengan Baik dan Benar

5. Berikan Variasi Pada Website

cara mengelola website untuk pemula
(sumber gambar: searchenginejournal.com)

Sebuah website kontennya tentu akan jauh lebih menarik jika memiliki gambar. Apalagi gambar juga merupakan bagian dari optimasi SEO On Page. Namun tidak hanya melalui gambar saja website terlihat menarik. Variasi tersebut juga bisa Anda berikan melaluii pemberian video ataupun animasi. Adanya video dan animasi bisa menjadi elemen lain yang membantu pengunjung memahami isi dari website Anda dan betah berada di website tersebut.

6. Sediakan Kolom Testimoni

Kritik dan saran tentu akan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan sebuah website. Nah, hal ini juga bisa Anda wujudkan dengan memberikan kolom atau tempat testimoni dari pengunjung website Anda. Pada kolom inilah testimoni, kritik, dan juga saran bisa pengunjung tulis untuk website Anda.

Pengunjung bisa menuliskan bagaimana pengalaman mereka dan kesan mereka selama mengunjungi website yang Anda punya. Jangan takut akan kritik dan saran yang nantinya Anda terima. Sebab, hal ini bisa menjadi suatu bahan evaluasi yang sangat baik untuk kemajuan website. Anda bisa melihat mana bagian yang sudah baik dan mana bagian yang harus Anda perbaiki dan tingkatkan.

7. Buka Ruang Interaksi Semaksimal Mungkin

Anda juga bisa memberikan ruang interaksi bagi pengunjung untuk bisa berkomunikasi dengan Anda. Bentuk ruang interaksi ini juga bermacam-macam dan sangat variatif. Mulai dari kotak chat, laman kontak, ataupun kolom komentar. Melalui ruang inilah Anda bisa berkomunikasi dengan pengunjung.

Misalnya ada pengunjung yang menanyakan tentang informasi yang tertulis dalam suatu artikel, dan kemudian Anda membalasnya. Selain itu bisa juga jika ada pengunjung yang menanyakan tentang produk yang Anda tawarkan jika websitenya adalah website usaha. Dengan adanya komunikasi, pengunjung bisa memiliki rasa kedekatan dengan website yang Anda miliki.

8. Evaluasi Website Secara Berkala

Cara mengelola website untuk pemula juga tidak akan lengkap tanpa adanya evaluasi secara berkala. Sebuah website akan bisa berkembang apabila Anda senantiasa melakukan evaluasi dan pembenahan terhadap sektor apa saja yang memang sekiranya masih kurang. Evaluasi ini bisa Anda lakukan secara berkala misalnya setiap 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

Lihatlah bagaimana progress dan sejauh mana website bisa memenuhi tujuan pembuatannya. Jika sudah bagus, maka pertahankan dan tingkatnya hal tersebut. Namun jika masih kurang maka ini adalah PR bagi Anda untuk memperbaikinya. Anda juga bisa menggunakan hasil testimoni dari pelanggan untuk bahan evaluasi website ini. Sebab, pengunjung adalah pihak yang paling merasakan pengalaman saat berkunjung ke website Anda. Untuk itulah opini mereka sangat penting untuk kemajuan website.

Nah, itulah beberapa cara mengelola website untuk pemula. Cukup mudah bukan cara pengelolaannya? Asalkan bisa menerapkan berbagai cara ini dengan optimal dan konsisten, maka website yang memiliki traffic tinggi bisa Anda dapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar