Cara Mengganti Icon Blog Lengkap dari Awal Sampai Akhir

Salah satu hal yang harus pemilik website pahami adalah cara mengganti icon blog. Sebab hal ini bisa sangat mempengaruhi identitas dari blog itu sendiri. Apalagi saat ini ada perubahan pada user interface atau tampilan antarmuka di Blogger. Akibatnya cara mengubah icon blog ini akan berbeda dengan cara lama yang mungkin biasanya sudah Anda lakukan. Lalu, bagaimana cara menggantinya? Seberapa penting peran icon untuk sebuah blog? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini! 

Pentingnya Icon untuk Sebuah Blog 

cara mengganti icon blog
(sumber gambar: telemediaonline.co.uk)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mengganti icon blog, Anda harus memahami peran penting dari icon terlebih dahulu. Icon blog atau yang bisa Anda sebut dengan istilah favicon adalah sebuah icon atau logo kecil yang akan muncul pada bagian address suatu halaman web. Favicon ini  juga menjadi logo utama dari web atau blog yang Anda miliki. 

Adanya icon ini akan membantu Anda dalam membangun identitas blog yang Anda miliki. Bagi para pengunjung blog adanya logo ini juga bisa membantu mereka membedakan antara blog satu dengan blog yang lainnya. Misalnya Anda bisa melihat pada ilustrasi gambar yang menunjukkan bahwa Jakaweb.id memiliki iconnya tersendiri. Icon inilah yang menjadi identitas dari Jakaweb.id. Tentunya icon ini akan berbeda dengan website dan blog lain yang ada di internet. 

Tidak hanya untuk pemilik blog dan pengunjung, adanya favicon juga akan mempermudah Google untuk mengenali website Anda. Apalagi jika favicon yang Anda miliki memiliki ciri khas unik dan sangat berbeda dengan icon lain dan mudah orang kenal. Tidak heran jika banyak sekali pemilik website yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk membuat suatu favicon yang bagus. 

Adanya favicon juga membuat tampilan blog Anda menjadi lebih rapi, profesional, dan juga elegan. Jadi tidak menggunakan logo atau favicon bawaan dari Blogger saja, tetapi ada effort untuk mendesain icon blog sendiri yang tentunya menjadi nilai lebih untuk pengunjung.

Perubahan Cara Mengganti Icon Blog dan Syarat untuk Memasangnya 

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, terdapat perubahan untuk mengganti favicon pada Blogger. Hal ini bisa Anda lihat pada user interface atau tampilan antar muka yang harus Anda tempuh untuk mengubah icon blog. Jika dulu Anda bisa mengubah icon melalui menu Tata Letak atau Layout, maka saat ini sudah berbeda. 

Agar bisa melakukan penggantian icon, Anda harus membuka menu lain karena fitur penggantian favicon sudah hilang dari menu tata letak. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya cara penggantian icon ini masih terbilang mudah dan bisa Anda lakukan dengan cepat. Namun sebelum itu ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi agar bisa mengganti icon blog dengan cepat. Beberapa syarat tersebut adalah: 

  • Icon atau favicon yang Anda siapkan harus sudah berada dalam format PNG, ICO, GIF, atau JPG. Selain format tersebut, maka Anda tidak akan bisa mengubah icon blog 
  • Bentuk dari icon atau favicon harus berbentuk square atau persegi dengan rasio yang sama. Misalnya ukuran 16×16 pixel 
  • Supaya favicon memiliki background yang transparan, Anda bisa menggunakan format GIF atau PNG 
  • Ukuran dari favicon yang Anda siapkan tidak boleh melebihi 100 kb. Jika lebih dari itu maka proses mengunggah icon biasanya tidak bisa Anda lakukan.

Cara Mengganti Icon Blog

cara mengganti icon blog
(sumber gambar: Jakaweb.id)

Lalu, apakah cara mengganti icon blog sekarang itu sulit? Jawabannya adalah tidak. Anda harus menyiapkan dan memenuhi syarat yang sebelumnya sudah kami jelaskan. Apabila sudah, maka proses penggantian icon blog bisa Anda mulai. Cara mengganti icon blog adalah: 

  1. Silahkan kunjungi situs Blogger yang bisa Anda akses di https://www.blogger.com/about/?bpli=1. Setelah itu, Anda bisa langsung login menggunakan akun Blogger yang Anda miliki 
  2. Setelah itu Anda akan menuju dashboard atau halaman utama dari blog Anda. Lanjutkan dengan klik opsi Setelan atau Settings yang berada pada sebelah kiri 
  3. Jika sudah, Anda akan menemukan opsi bertuliskan ID Property Google Analytics. Pada bagian inilah Anda bisa menemukan opsi Favicon 
  4. Setelah itu silahkan Anda klik opsi Favicon tersebut. Nantinya Anda akan menuju sebuah halaman baru yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan favicon blog yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Ingat, favicon yang Anda pakai harus sudah memenuhi syarat ya! 
  5. Selanjutnya silahkan klik tombol Pilih File, setelah itu cari file Favicon Anda. Apabila sudah ketemu silahkan klik Open 
  6. Apabila favicon yang Anda siapkan sudah memenuhi syarat favicon, maka biasanya proses mengunggah icon akan berlangsung cukup cepat dan bisa Anda terapkan. Namun jika tidak, maka biasanya akan muncul notifikasi bahwa icon yang Anda siapkan tidak kompatibel 
  7. Jika sudah berhasil mengunggah icon, maka lanjutkan dengan klik tombol Simpan agar pengaturan Anda tersimpan dan bisa Anda terapkan di blog 
  8. Proses mengganti icon blog pun sudah selesai! 

Masalah yang Bisa Terjadi

Jika semua tahapan sudah Anda lakukan, maka cara mengganti icon blog sudah selesai dan biasanya icon dari blog Anda sudah terganti. Namun jika Anda masalah, biasanya icon yang baru Anda ganti tidak akan muncul. Hal ini bisa saja terjadi pada saat Anda mengganti icon dan Anda tidak perlu khawatir.

Sebab, sebenarnya icon yang Anda unggah sudah berhasil terganti. Akan tetapi, biasanya masih ada cache lama yang masih tersimpan dan membuat tampilan icon masih tetap pada icon yang lama. Nah, untuk mengatasi hal ini Anda hanya cukup untuk melakukan pembersihan cache atau clear cache pada browser yang sedang Anda gunakan. Biasanya opsi tersebut bisa Anda akses pada menu history dan memilih opsi clear browsing data. Jika sudah, maka umumnya icon yang sudah Anda ganti bisa muncul dengan baik. 

Baca Juga: Tutorial Cara Setting Permalink WordPress yang Mudah dan Cepat

Membuat Favicon Blog Sendiri yang Mudah

Jika Anda berminat, Anda bisa juga membuat icon blog Anda sendiri sesuai dengan preferensi dan selera Anda. Caranya juga cukup mudah, salah satunya adalah memanfaatkan situs online gratis yang bisa Anda akses. Situs tersebut adalah Logaster, dan bisa Anda akses melalui link https://www.logaster.com/logo/ ini. 

Jika sudah, maka Anda akan bertemu dengan halaman utama untuk pembuatan icon blog. Setelah itu Anda bisa memasukkan inisial blog yang Anda miliki. Misalnya blog Gajah Menari dengan inisialnya yaitu, GM. Jika sudah silahkan lanjutkan dengan klik Create Logo. Setelah itu, akan muncul beberapa logo sudah jadi yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda. Untuk mengunduhnya Anda cukup klik opsi Preview & Download. Icon gratis siap pakai untuk blog pun sudah Anda dapatkan. Mudah bukan?

Selain dengan cara itu, Anda yang memiliki skill dalam mengoperasikan software editing seperti Adobe Illustrator CC, juga bisa membuat sendiri icon blog. Apalagi caranya juga cukup mudah, seperti berikut: 

  1. Buka aplikasi Adobe Illustrator pada komputer atau PC 
  2. Setelah itu klik Create New untuk membuat icon baru. Pilih layout dengan ukuran A4 dan lanjutkan klik Create 
  3. Klik opsi Type Tool untuk mengetik tulisan berupa inisial dari blog Anda 
  4. Anda bisa mengubah model dan desain teks dengan bebas dengan menggunakan opsi penggantian font, ukuran, hingga opacity yang berada pada bagian baris atas 
  5. Jika sudah, klik Ellipse Tool untuk membentuk lingkaran yang akan menjadi bingkai logo Anda. Sesuaikan warna lingkaran dengan tema website Anda agar lebih bagus dan setelah itu klik opsi Send to Back agar huruf berada pada bagian atas lingkaran 
  6. Jika sudah, klik menu Objects kemudian Artboards kemudian Fit to Selected Arts. Tujuannya untuk menyesuaikan layout dengan gambar yang sudah Anda buat 
  7. Sebagai penutup, pilih opsi File kemudian Export dan pilih opsi Save For Web (Legacy). 
  8. Nantinya logo Anda akan berformat PNG dan siap Anda pakai! 

Nah itulah cara mengganti icon blog yang bisa Anda praktekkan sekaligus cara membuat icon blog sendiri. Bagaimana, cukup mudah bukan caranya? Mengingat pentingnya icon untuk sebuah blog, maka jangan sampai Anda tidak menerapkan icon untuk blog yang Anda miliki ya! 

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar