Cara Optimasi Website Agar Berkualitas dan SEO Friendly

Bagaimana cara optimasi website agar SEO friendy? Mendengar kata SEO pasti yang ada di benak Anda adalah bagaimana sebuah website tersebut posisinya berada di atas pada hasil pencarian Google. Banyak orang yang lebih berfokus pada keyword utama. Memang kata kunci tersebut penting, namun untuk membuat website SEO friendly masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Dalam algoritma Google, melakukan optimasi terhadap kata kunci saja belum cukup. Untuk itu, Anda perlu menyimak penjelasan kami di bawah ini agar website Anda berkualitas serta mendapatkan posisi teratas.

Cara Optimasi Website Sesuai Ketentuan SEO

cara optimasi website

1. Tentukan Pasar Bisnis atau Niche Secara Spesifik

Di dalam membangun sebuah website, sebelumnya Anda sudah harus menentukan kira-kira siapa yang akan menjadi target pasar atau audiens. Ketika Anda sudah menentukan target, maka akan lebih mudah untuk membuat berbagai konten yang sesuai dengan target pasar tanpa perlu membuang-buang waktu. Selain itu, ketika Anda sudah menentukan target pasar Anda, hal ini membuat website Anda berpeluang besar untuk ditampilkan di mesin pencari.

Ini merupakan hal dasar yang harus ada di benak masing-masing pemilik website. Jangan sampai  websitenya tidak memiliki kejelasan siapa audiens atau target pasarnya. Rincikan target pasar secara lebih spesifik agar para audiens tersebut lebih mudah menemukan informasi sesuai dengan yang mereka butuhkan.

2. Terbitkan Artikel Berkualitas Tinggi

Waktu tunggal atau dwell time merupakan berapa lama waktu yang dibutuhkan orang-orang ketika mengunjungi website Anda. Dwell time ini akan memberikan pengaruh terhadap peringkat website Anda pada mesin pencari. Jadi, pastikan bahwa setiap konten yang Anda terbiatkan di website benar-benar berkualitas dan bermanfaat. Selain itu, pastikan bahwa artikel tersebut memiliki topik yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh target Anda.

Ketika website Anda memiliki artikel yang berkualitas, bukan tidak mungkin akan banyak orang yang membagikan konten Anda tersebut. Kondisi inilah yang juga akan memberikan nilai tambah. Perlu Anda ketahui bahwa jumlah kata tidak memberikan pengaruh di dalam SEO. Namun bukan berarti jumlah kata di artikel Anda sedikit. Selain itu, jangan lupa memasukkan internal link dan outbound link yang sesuai serta percantik susunan kata dalam artikel.

3. Kecepatan Loading Website

Mesin pencarian seperti Google maupun Bing juga memperhatikan terkait kecepatan loading dari sebuah website ke algoritma mereka. Apa yang akan terjadi ketika loading website Anda lambat, pastinya yang mengunjungi website Anda jumlahnya sangat sedikit dan akan terus berkurang jika tidak segera diperbaiki. Terdapat beberapa cara optimasi website berkaitan dengan kecepatan loadingnya yaitu:

  • buat cache website
  • gunakan plug-ins sesuai yang Anda butuhkan serta hapus plug-ins yang tidak perlu
  • gunakan keyword sebagai alt pada gambar
  • kurangi ukuran gambar
  • dan lain-lain

4. Jangan Sampai Website Mengalami Broken Link

Apa itu broken link? Broken link merupakan sebuah link rusak yang membuat website mendapatkan citra buruk dari mesin pencari. Biasanya broken link tersebut membuat website mendapatkan notifikasi forbidden page atau 404 page. Sebagai pemilik website, Anda harus selalu melakukan pengecekan terhadap setiap halaman apakah masih dapat diakses atau tidak. Anda tidak harus melakukan pengecekan link tersebut secara manual.

Sudah banyak tool maupun app yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan terkait tautan URL. Anda hanya perlu mendaftarkan website Anda ke tool tersebut dan nanti Anda akan memperoleh laporan terkait website Anda secara detail.

5. Social Sharing

Ternyata membagikan artikel di website atau blog melalui media sosial juga memberikan manfaat yang besar. Berbagai media sosial seperti Facebook, Pinterest. Twitter, dan bahkan Instagram juga bisa menjadi media untuk memperkenalkan website dan konten yang Anda miliki. Dengan membagikan konten pada website Anda melalui media sosial tersebut dengan target pembaca yang sesuai target pasar Anda, maka ada dua manfaat yang akan Anda dapatkan.

Pertama, website Anda akan semakin terkenal karena banyak yang akan mengunjunginya. Kedua, posisi website Anda di mesin pencari juga akan lebih baik. Anda juga bisa memasukkan tombol bagikan atau sharing di website. Tujuannya adalah memudahkan para pengunjung jika mereka ingin membagikan artikel yang  dianggap menarik dan harus diketahui banyak orang.

Itulah informasi penting terkait beberapa cara untuk mengoptimalkan website di mesin pencari. Semoga bermanfat.

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar