Cara Riset Keyword untuk Blog dan Website

Belum tahu tentang bagaimana cara riset keyword secara akurat? Melakukan riset kata kunci memiliki manfaat untuk menentukan kira-kira seperti apa kw atau keyword yang tepat untuk blog maupun website. Dengan memilih kata kunci yang tepat, ini akan memberikan pengaruh terhadap performa sebuah website atau blog tersebut. Seorang pemilik website atau yang hendak menulis artikel harus mengetahui kira-kira apa yang banyak dicari para pengunjung di mesin pencari.

Tujuannya adalah agar bisa menemukan keyword yang tepat agar blog dan website Anda memiliki banyak pengunjung. Misalnya sekarang Anda telah menemukan keyword yang tepat, mengetahui tingkat kesulitannya dan persaingannya, lalu Anda harus membuat artikel seperti apa agar bisa berada di posisi pertama di mesin pencarian Google? Artikel yang posisinya ada di halaman pertama akan mendatangkan banyak pembaca.

Berdasarkan penelitian, setidaknya ada 75% para pengunjung yang hanya membuka artikel di halaman pertama mesin pencarian. Selain itu, artikel yang ada di posisi pertama akan memperoleh 30% klik. Sementara artikel di posisi kedua mendapatkan 15 klik, dan di posisi ketiga mendapatkan 10 klik. Dengan memilih sebuah keyword yang tepat, website atau blog akan lebih mudah untuk  menduduki posisi teratas di hasil pencarian.

Cara Riset Keyword untuk Blog dan Website Agar Hasilnya Maksimal

cara riset keyword

Jika Anda masih belum mengetahu cara menemukan keyword yang tepat, maka Anda harus menyimak informasi ini. Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian seperti keyword difficulty, search volume, keyword suggestion, dan lain-lain yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Volume Pencarian atau Search Volume

Volume pencarian adalah berapa banyak keyword yang dicari di Google pada periode tertentu. Biasanya aplikasi yang berperan sebagai keyword tool akan memberikan informasi terkait berapa banyak pencarian kata kunci tersebut dalam satu bulan terakhir. Jika search volume menunjukkan angka 100.000, menandakan bahwa kata kunci tersebut dicari sebanyak 100.000 kali dalam waktu satu bulan.

2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci atau Keyword Difficulty

Tingkat kesulitan kata kunci merupakan seberapa sulit keyword tersebut untuk bisa ada di halaman utama. Secara umum, keyword tool akan memakai angka dari 0 sampai 100. Jika angkanya semakin besar, maka semakin besar juga tingkat kesulitan dari keyword tersebut agar bisa berada di posisi teratas mesin pencari.

Keyword difficulty juga terkadang menunjukkan berapa banyak backlink yang diperlukan agar nanti artikel tersebut ada di  posisi teratas. Kuncinya adalah semakin tingggi tingkat kesulitan dari keyword, maka semakin banyak backlink yang Anda perlukan untuk membuat artikel tersebut ada di halaman utama mesin pencari.

3. Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Saran kata kunci ini berhubungan dengan keyword yang sedang Anda riset atau cari. Contohnya Anda ingin mencari sebuah keyword “membuat blog”. Nanti keyword tool akan memberikan banyak saran untuk kata kunci tersebut seperti “membuat blog gratis”, “cara membuat blog mudah”, dan lain-lain. Untuk saran yang nantinya muncul biasanya berupa long tail keyword.

Long tail keyword merupakan kata kunci yang di dalamnya terdapat 3 kata atau lebih. Melalui saran kata kunci inilah Anda bisa mengetahui lebih banyak seputar long tail keyword dari kata kunci yang sedang Anda riset tersebut. Selain itu, manfaat long tail keyword adalah mampu menarik perhatian pembaca atau pengunjung. Hal ini karena kurang lebih 70% pencarian di Google menggunakan long tail keyword.

4. Search Engine Result Page atau  SERP

Cara riset keyword yang keempat adalah berhubungan dengan SERP. Search Engine Result Page menunjukkan apa saja laman yang berada di halaman teratas dalam pencarian keyword Anda. Ini untuk mengetahui kualitas dari laman-laman yang berada di peringkat atas dari pencarian Google. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena Anda bisa memprediksi kira-kira harus membuat sebuah artikel dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik sehingga posisinya bisa berada di halaman utama. Bahkan bukan tidak mungkin posisinya ada atas di dalam pencarian Google.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkiat beberapa cara yang harus Anda lakukan ketika riset keyword. Semoga bermanfaat.

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar