Tutorial Cara Setting Permalink WordPress yang Mudah dan Cepat

Bagi Anda yang memiliki website, maka istilah “permalink” sudah akrab bagi Anda. Pada sebuah website, adanya permalink ini memiliki peranan yang penting dan krusial. Sementara itu, saat melakukan perubahan terhadap isi website bukan tidak mungkin permalink menjadi berubah atau bermasalah. Jika sudah begini, maka Anda harus sesegera mungkin melakukan cara settin permalink di WordPress.

Ya. Kesalahan yang ada di permalink memang harus segera Anda atasi. Jika tidak, maka website yang Anda miliki akan mengalami masalah dan mengganggu kenyamanan pengunjung website. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya. Yuk, simak sampai selesai!

Mengenal Permalink Pada Sebuah Website

cara setting permalink di wordpress
(sumber gambar: elegantthemes.com)

Sebelum masuk ke cara setting permalink di WordPress, agaknya Anda harus paham terlebih dahulu tentang permalink. Melansir dari laman Wikipedia, permalink merupakan akronim atau singkatan dari permanen link atau tautan permanen. Secara definisi, permalilnk adalah suatu alamat URL yang ada untuk suatu halaman website.

Setiap halaman website akan memiliki URL permalink yang berbeda satu sama lain. Nah, bagi pengguna WordPress, pada saat membuat post atau halaman maka akan mendapatkan alamat permalink otomatis. Namun alamat ini juga bisa Anda ubah sesuai preferensi. Lalu, apakah fungsi dari permalink?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari adanya permalink:

  • Permalink berfungsi sebagai alamat masuk pada suatu post atau halaman website. Karena itulah saat membuat permalink pastikan alamatnya mudah untuk pengunjung ingat dan tidak terlalu panjang. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih mudah mengakses permalink tersebut
  • Permalik memiliki fungsi yang besar untuk SEO sebuah website. Jika Anda memberikan permalink yang mengandung keyword teetentu, maka search engine bisa memahami relevansi dari halaman tersebut. Karena itulah mengapa akan lebih baik bagi Anda memasukkan keyword dalam permalink supaya lebih ramah dengan search engine.

Atas beberapa fungsi inilah keberadaan permalink menjadi sangat krusial dan penting. Jika suatu hari Anda menemukan masalah pada permalink, maka harus segera Anda perbaiki. Apabila tidak segera Anda perbaiki, halaman yang akan pengunjung tuju justru akan muncul tulisan Error 404 atau pun Page Not Found. Jika sudah begini, maka pengalaman pengunjung saat mengunjungi website Anda akan menjadi berkurang bukan? Maka dari itu, pastikan permalink yang ada di website Anda selalu aktif ya!

Cara Setting Permalink di WordPress

cara setting permalink di wordpress
(sumber gambar: exabytes.com)

Sebelum memulai cara setting permalink di WordPress, Anda harus memiliki akses ke bagian dashboard admin WordPress dan ke control panel hosting terlebih dahulu. Jika sudah, barulah Anda bisa melakukan setting atau perbaikan permalink dengan menggunakan 3 (tiga) cara. Pertama adalah dengan mereset struktur permalink. Kedua adalah dengan menonaktifkan plugin, dan terakhir dengan mengganti file .htaccess. Berikut cara lengkapnya:

1. Mereset Struktur Permalink

Cara setting permalink di WordPress yang pertama adalah dengan mereset struktur permalinknya. Untuk caranya sendiri terbilang cukup mudah, yaitu:

  • Silahkah login ke halaman dashboard WordPress Anda
  • Setelah itu pilih menu Pengaturan atau Settings yang umumnya berada di sebelah kiri dan cari opsi Permalinks
  • Kemudian Anda akan masuk ke halaman struktur permalink. Pada halaman ini silahkan ubah standar pengaturan permalink yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, jika dulunya Anda memakai pengaturan berbasis numeric, maka Anda bisa mengubahnya menjadi post name.
  • Klik opsi Post Name dan jangan lupa menyimpan perubahan dengan klik save changes
  • Apabila perubahan sudah tersimpan, biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi Permalink structure updated
  • Jika notifikasi tersebut sudah muncul, maka Anda bisa membuka lagi website Anda dan coba akses kembali permalink yang sebelumnya error

Apabila Anda sudah bisa mengakses permalink dengan normal, maka permasalahan pun selesai dan Anda berhasil memperbaikinya. Namun apabila yang terjadi adalah tetap muncul kesalahan berupa Error 404 atau Page Not Found, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Anda bisa melakukan alternatif perbaikan permalink lainnya.

2. Menonaktifkan Plugin

Cara setting permalink di WordPress yang kedua adalah dengan menonaktifkan plugin. Cara ini bisa membantu memperbaiki plugin karena biasanya crash yang terjadi antara plugin bisa menyebabkan permalink menjadi error. Langkah menonaktifkannya adalah:

  • Silahkan Anda masuk ke pilihan menu Plugins pada dashboard WordPress Anda
  • Setelah itu, silahkan menonaktifkan salah satu plugin yang sebelumnya sudah terinstall di website Anda
  • Jika sudah, silahkan melakukan reset permalink seperti yang Anda lakukan di cara pertama dan kembali klik save changes untuk menyimpan perubahan
  • Uji coba dengan mengakses halaman yang error
  • Anda harus melakukan langkah ini untuk setiap plugin yang akan Anda nonaktifkan

Tips agar langkah kedua ini bisa lebih cepat, Anda sebaiknya menonaktifkan plugin dari urutan yang paling baru Anda install atau perbarui.

3. Mengganti File .htaccess

Pilihan terakhir apabila kedua cara yang sudah kami sebutkan tetap tidak bisa membantu melakukan setting permalink, maka Anda bisa melakukan cara ini. Caranya adalah dengan mengganti .htaccess yang bisa mengatasi error permalink akibat konfigurasi .htaccess. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk langkah awal, silahkan kunjungi file manager yang ada di control panel atau menggunakan FTP client seperti contohnya FileZilla
  • Setelah itu masuklah ke folder utama website Anda
  • Cari folder .htaccess kemudian silahkan klik rename
  • Agar .htaccess non aktif, Anda cukup menggantinya dengan nama yang berbeda. Misalnya jika sebelumnya adalah .htaccess saja, maka Anda bisa mengubahnya menjadi .htaccess1. Jika sudah, klik rename file
  • Setelah itu Anda bisa lanjutkan dengan membuat file baru dengan nama .htaccess
  • Kemudian edit htaccess yang baru Anda baut dengan menyalin script default .htaccess WordPress. Scriptnya adalah sebagai berikut:
# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index/php [L]
</IfModule>
#END WordPress
  • Jika sudah menyalin script, silahkan simpan perubahan
  • Lakukan uji coba kembali dengan mengakses permalink yang sebelumnya bermasalah.

Biasanya Anda sudah bisa mengakses permalink dengan lancar setelahh menerapkan 3 (tiga) cara ini. Cukup mudah bukan caranya?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tema WordPress SEO Friendly Gratis Paling Update!

Cara Setting Permalink di WordPress yang SEO Friendly

Jika sebelumnya adalah cara setting permalink yang mengalami kerusakan atau masalah, Anda juga bisa menerapkan setting permalink agar SEO dari postingan Anda menjadi optimal. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan melakukan login ke akun website WordPress yang Anda miliki
  2. Setelah itu Anda akan bertemu ke halaman dashboard WordPress dan kemudian lanjutkan dengan mencari menu settings
  3. Setelah bertemu menu settings, selanjutnya pilih opsi permalink dan tunggu sebentar sampai muncul halaman permalink settings
  4. Pada halaman ini nantinya Anda akan muncul beberapa pilihan untuk pengaturan format permalink yang Anda inginkan untuk website Anda sendiri.
  5. Beberapa pilihan yang bisa Anda pilih adalah mode permalink plan, day and name, month and name, numeric, post name, dan custome structure.
  6. Untuk hasil SEO yang paling optimal, sebaiknya Anda memilih opsi permalink post name atau melakukan custome %postname%
  7. Jangan lupa klik save changes agar perubahan bisa berhasil
  8. Setelah pengaturan tersebut, Anda bisa menulis di halaman posting seperti biasa. Buka post dan klik add new
  9. Lanjutkan dengan menulis artikel yang akan Anda post di website Anda. Misalnya artikel yang berjudul “Tutorial Cara Setting Permalink di WordPress yang Mudah dan Cepat”
  10. Dengan judul seperti itu, maka permalink yang bisa Anda pakai adalah “cara-setting-permalink-di-wordpress”. Tujuannya agar keyword utama dari artikel Anda bisa muncul dan memudahkan pencarian search engine
  11. Jika sudah, silahkan post artikel Anda seperti biasa.

Sebenarnya melakukan setting permalink di WordPress bukanlah hal yang sulit untuk Anda lakukan. Apalagi ada beberapa cara yang bisa Anda pilih sesuai preferensi masing-masing. Beberapa tips lain yang bisa Anda terapkan agar permalink yang Anda buat bisa lebih pengunjung website ingat adalah:

  • Buat permalink yang singkat dan jelas
  • Usahakan permalink mengandung keyword agar lebih SEO friendly
  • Membuat permalink yang deskriptif dengan isi

Itulah informasi cara setting permalink di WordPress yang mudah dan cepat. Bagaimana, tidak sulit bukan melakukan perbaikan dan pengaturan permalink di WordPress Anda? Jangan sampai masalah permalink yang sebenarnya mudah untuk Anda atasi bisa menurunkan pengalaman dan kenyamanan pengunjung saat membuka website Anda ya.

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar