Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Bagi para pemilik website, mereka tidak asing dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. Terdapat dua jenis SEO yang dipakai untuk memaksimalkan hasil pencarian. Kedua jenis SEO tersebut adalah SEO On Page dan SEO Off Page. Informasi mengenai pengertian dan perbedaan di antara keduanya akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page

1. SEO On Page

SEO on page merupakan sebuah cara untuk membuat konten pada sebuah website berada di peringkat paling atas pencarian Google. Sederhana on page lebih berfokus pada bagaimana agar konten tersebut termasuk SEO friendly. Jadi, seseorang harus benar-benar memahami seperti apa SEO on page agar websitenya mampu mengalahkan para pesaingnya dan menjadi yang teratas.

seo on page dan seo off page

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk bisa memaksimalkan SEO on page, yaitu:

  • tag title
  • headings
  • meta description
  • internal link
  • alt text pada gambar
  • URL title
  • site speed
  • dan lain-lain

Seorang pemilik atau pengelola website harus mampu memaksimalkan sebuah poin tersebut dengan baik. Contohnya mengenai meta description yang wajib ditulis sesuai dengan kaidah SEO yang benar. Ketentuan di dalam menulis meta description adalah tidak terlalu panjang dan di dalamnya harus terdapat kata kunci atau keyword. Hal ini perlu untuk mempermudah para pengguna atau pencari informasi di internet untuk menemukan website yang sesuai.

Selain itu, aspek-aspek lainnya pun juga tidak kalah penting. Misalnya internal link yang harus ada pada setiap konten yang dibuat. Internal link ini nanti akan mengarahkan pembaca untuk melihat konten lainnya yang ada di dalam website atau situs tersebut.

Poin-poin inilah yang wajib dipahami oleh pemilik website. Mereka bukan hanya menampilkan sebuah konten dengan penulisan yang baik sesuai EYD. Di dalam konten tersebut juga memuat beberapa elemen seputar SEO on page. Dengan melakukannya secara konsisten, maka website tersebut posisinya akan perlahan naik sampai nanti berhasil berada di peringkat paling atas.

2. SEO Off Page

Lalu bagaimana dengan SEO off page? Jenis SEO yang satu ini lebih berfokus pada hal-hal yang bersifat eksternal. Di sini pemilik website harus mampu mengoptimalkan websitenya secara eksternal seperti melakukan backlink, link building, dan lain-lain. Backlink merupakan sebuah link yang nantinya akan ditanamkan di website atau situs lain. Link pada website tersebut akan mengarah ke website tujuan atau dalam hal ini website yang Anda kelola. Meletakkan backlink memang tidak bisa sembarangan.

Jika ingin backlink yang ada mampu memberikan manfaat atau dalam hal ini mampu membuat konten tersebut menjadi lebih baik, maka harus bisa memberikan backlink dari sebuah situs yang kualiasnya bagus. Posisi dari konten tersebut nanti bisa terangkat berkat adanya backlink yang benar. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai terlalu banyak memberikan backlink. Mengapa? Karena hal ini bisa membuat Google menganggap konten tersebut sebagai spam.

Apa Saja Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page?

seo on page dan seo off page

Setelah mengetahui pengertian dari SEO on page dan SEO off page, penjelasan berikutnya yaitu tentang perbedaan di antara keduanya. Dalam penjelasan yang sederhana, SEO on page berperan untuk membuat bagaimana sebuah konten tersebut berkualitas sehingga mampu menarik minat para pembaca. Bukan itu saja, ketika konten tersebut berkualitas dan sesuai dengan kaidah SEO yang ada, maka Google pun akan “senang”.

Google tentunya akan memperhatikan konten tersebut dan bukan tidak mungkin perlahan peringkatnya akan naik. Sementara itu, SEO off page berfokus pada bagaimana sebuah website tersebut mempunyai kredibilitas yang tinggi. Dengan begitu maka Google akan menaruh kepercayaan sehingga membuat website tersebut posisinya naik dan berada di puncak pencarian.

Itulah sekilas penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan antara SEO on page dengan SEO off page. Kedua jenis SEO ini sama-sama memiliki perannya masing-masing. Pemilik website juga harus sadar bahwa mereka harus mengoptimalkan kedunya jika memang menginginkan sebuah konten yang berkualitas dan kredibel. Semoga bermanfaat dan mampu membantu Anda dalam memaksimakan website Anda.

About the author

Penulis Jakaweb Indonesia

Tinggalkan komentar